IMPELEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK PRIBADI ISLAMI PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.47731/rrfbws52Keywords:
Implementasi, karakter, kurikuler, kokurikulerAbstract
Tujuan penelitian untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi Pendidikan karakter dalam membentuk pribadi Islami. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data: wawancara kepada 1 kepala sekolah, 2 guru, 3 wali murid, dan peserta didik. Teknik pengolahan data: reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data: kredibelitas (triangulasi Teknik dan sumber). Hasil penelitian menunjukan: (1) Implementasi kegiatan kurikuler: peserta didik dapat memahami dan menginternalisasi nilai-nilai kejujuran, kebaikan, kerendahan hati, dan kasih sayang. (2) Implementasi kegiatan kokurikuler: Berkembangnya kesabaran, toleransi, dan empati, yang merupakan bagian integral dari pribadi islami. (3) Hasil Implementasi kegiatan kurikuler: Dapat mengembangkan keterampilan sosial seperti kerjasama, komunikasi, dan kepemimpinan, yang merupakan aspek penting dalam pendidikan karakter islami. (4) Hasil implementasi kegiatan kokurikuler: peserta dapat mengembangkan karakter Islami yang kuat, seperti kejujuran, toleransi, dan altruisme.Downloads
Published
03/08/2024
Issue
Section
Articles
Categories
License
Copyright (c) 2024 Ach. Baidowi, Sabila Putri (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.