IMPELEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK PRIBADI ISLAMI PESERTA DIDIK

Authors

  • Ach. Baidowi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Publisistik Thawalib Jakarta Author
  • Sabila Putri Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Publisistik Thawalib Jakarta Author

DOI:

https://doi.org/10.47731/rrfbws52

Keywords:

Implementasi, karakter, kurikuler, kokurikuler

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi Pendidikan karakter dalam membentuk pribadi Islami. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data: wawancara kepada 1 kepala sekolah, 2 guru, 3 wali murid, dan peserta didik. Teknik pengolahan data: reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data: kredibelitas (triangulasi Teknik dan sumber). Hasil penelitian menunjukan: (1) Implementasi kegiatan kurikuler: peserta didik dapat memahami dan menginternalisasi nilai-nilai kejujuran, kebaikan, kerendahan hati, dan kasih sayang. (2) Implementasi kegiatan kokurikuler: Berkembangnya kesabaran, toleransi, dan empati, yang merupakan bagian integral dari pribadi islami. (3) Hasil Implementasi kegiatan kurikuler: Dapat mengembangkan keterampilan sosial seperti kerjasama, komunikasi, dan kepemimpinan, yang merupakan aspek penting dalam pendidikan karakter islami. (4) Hasil implementasi kegiatan kokurikuler: peserta dapat mengembangkan karakter Islami yang kuat, seperti kejujuran, toleransi, dan altruisme.

Published

03/08/2024

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>