MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK PUTRA BANGSA WARU PAMEKASAN MELALUI TEHNIK SELF CONTROL

Authors

  • Nur Imamah Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam Al – Mardliyyah Pamekasan Author
  • Kamilatul Mukarromah Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam Al – Mardliyyah Pamekasan Author
  • Dirga Ayu Lestari STAI KH Abdul Kabier Serang Author
  • Nida Adilah STAI KH Abdul Kabier Serang Author

DOI:

https://doi.org/10.47731/npyemd34

Keywords:

Belajar, Motivasi, Self Control, Siswa

Abstract

Motivasi siswa untuk belajar dipengaruhi oleh faktor internal seperti kebiasaan ataupun eksternal seperti lingkungan. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa melalui teknik self control yang tinjau dari aspek behavioral control, cognitive control dan decisional control. Metode penelitian yaitu kualitatif dengan penedakatan studi analisis. Teknik pengumpulan data dengan obsrvasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dengan kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yaitu kredibelitas dengan pendekatan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) behavioral control: manajemen waktu, menfaatkan keberadaan teman dan belajar secara mandiri mampu membentuk perilaku disiplin siswa ke sekolah. Sedangkan sikap, inisiatif, mencatat penjelasan guru dan menghindari teman yang bersikap tidak baik, mampu membentuk fokus belajar siswa dalam kelas. (2) cognitive control: merencanakan dan melaksanakan kegiatan harian secara teratur, mampu membuat siswa semakin disiplin ke sekolah. Sedangkan ketekunan, tidak putus asa dan memberikan sanggahan, mampu meningkatkan fokus siswa saat belajar. (3) decisional control: tidak bolos sekolah dan mengelola waktu dengan baik merupakan cara siswa agar tetap disiplin. Sedangkan menambah wawasan, berprestasi dan menghormati guru adalah cara siswa agar tetap fokus belajar dalam kelas. Dampak penelitian, meningkatkan motivasi siswa untuk belajar di sekolah

Published

03/08/2024

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>